KEKUASAAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME DI INDONESIA

Perluasan Kekuasaan Kolonial di Indonesia
Pengertian Kolonialisme dan Imperialisme
Kolonialisme
Pada umumnya Kolonialisme dan Imperialisme memiliki arti yang sama, yaitu penjajahan atau penguasaan terhadap suatu daerah dan suatu bangsa oleh bangsa lainnya. Kata “Koloni” berasal dari bahasa Latin, “Colonia” yang artinya tanah, tanah pemukiman atau jajahan. Dalam sejarah perkembangan koloni, politik colonial modern mulai tumbuh semaeak sejak abad ke-16. dalam abad ke-17 muncul bangsa Inggris, Perancis dan Belanda yang menguasai sebagian Amerika Utara, Hindia Barat, Hindia Muka (daerah Asia Selatan) dan Hindia Timur (Hindia Belanda). Sedangkan pada abad ke-19 merupakan puncak perkembangan kolonialisme, karena hampir seluruh wilayah kawasan banua Afrika dikuasai oleh bangsa-bangsa Barat (Eropa).
Bahkan pada abad ke-20 Jepang dan Amerika Serikat juga melaksanakan politik kolonialnya. Oleh karena itu, sejak awal muncul dan berkembangnya politik colonial yang dilakukan oleh bangsa-bangsa Eropa memiliki tujuan yang sama, yaitu menguras sumber-sumber kekayaan daerah koloni demi perkembangan industri dan memenuhi kejayaan dari Negara-negara yang melaksanakan politik kolonial tersebut.
Imperialisme
Kata “Imperialisme” berasal dari kata “Imperator” yang artinya memerintah. Ada juga kata lain yang masih berhubungan dengan kata “Imperialisme” yakni “Imperium” yang dapat diartikan sebagai sebuah kerajaan besar dengan mamiliki daerah jajahan yang amat luas. Namun, dalam perkembangannya, Imperialisme muncul di Inggris pada masa berkembangnya industri modern.
Berdasarkan Waktu Munculnya
Berdasarkan waktu munculnya, Imperialisme dibedakan menjadi Imperialisme Kuno dan Imperialisme Modern. Tujuannya adalah mencapai kejayaan (Glory), memiliki kekayaan (Gold) dan menyebarkan agama (Gospel). Sedangkan Imperialisme modern berlangsung setelah Revolusi Industri. Munculnya Imperialisme modern disebabkan oleh keinginan Negara penjajah mengembangkan perekonomiannya.
Berdasarkan Tujuan Penguasaannya
Imperialisme Politik
Adalah upaya untuk menguasai seluruh kehidupan politik dari Negara lain.
Imperialisme Ekonomi
Adalah suatu upaya untuk dapat menguasai perekonomian Negara lain.
Imperialisme Kebudayaan
Adalah suatu upaya untuk menguasai mentalitas dan jiwa dari Negara lain.
Imperialisme Militer
Adalah suatu upaya untuk menguasai daerah-daerah dari Negara lain yang dianggap strategis dengan menggunakan kekuatan angkatan bersenjata.
Akibat Imperialisme dalam Bidang Politik dan Ekonomi
Negara Imperalis menjadi pusat kekayaan, sedang Negara jajahan terus bertambah miskin.
Akibat Imperialisme dalam bidang Sosial-Budaya
Kaum Imperalis dapat hidup mewah dan lebih maju, sedangkan rakyat jajahan hidup serba kekurangan dan semakin suram.
Hubungan Merkantilisme, Revolusi Industri dan Kapitalisme dengan
Perkembangan Kolonialisme Barat di Indonesia.
Merkantilisme dan Kapitalisme
Merkantilisme merupakan suatu kebijakan politik dan ekonomi dari Negara-negara Imperialis dengan tujuan menumpuk kekayaan berupa logam mulia sebanyakbanyaknya sebagai standard an ukuran kekayaan yang dimiliki, kesejahteraan dan kekuasaan Negara tersebut.
Revolusi Industri
Perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat pada awal dan merupakan kumpulan dari berbagai penemuan serta pengalaman yang mendatangkan kekayaan dengan tiba-tiba.
Perkembangan Struktur Birokrasi, Sistem Pemerintahan dan Sistem Hukum pada
Masa Kolonial.
1. Struktur Birokrasi Kolonial
Salah satu akibat dari perluasan dan pemantapan kekuasaan Hindia Belanda (Pax Nederlandica) adalah perlunya tenaga-tenaga pribumi yang dapat mengerjakan beberapa keperluan administrasi pemerintahan.
2. Sistem Pemerintahan Kolonial
Pada system pemerintahan kolonial, pemerintahan dikendalikan oleh orang-orang Belanda dan para penguasa pribuminya atas dasar perintah dari Gubernur Jenderal.
3. Sistem Hukum Kolonial
Dalam pembentukan kitab Undang-Undang Hukum untuk kaum pribumi terdapat dua aliran. Pertama, hendak menundukkan orang-orang Indonesia kepada hukum Eropa. Kedua, membuat kitab Undang-Undang tersendiri untuk orang Indonesia.
Perluasan Aktivitas Ekonomi Pemerintah Kolonial dan Swasta Asing
Perkembangan Ekonomi Pemerintah Kolonial
Untuk mengatasi ekonomi Negara, pemerintah kolonial mencoba untuk menggali potensi Negara jajahan melalui pelaksanaan system tanam paksa (Romusha).
Perkembangan Ekonomi Swasta Asing
Perkembangan ekonomi dari golongan timur Asing cukup tinggi, karena mereka memiliki hubungan dekat dengan pemerintah kolonial.
Perkembangan Ekonomi Masyarakat di Berbagai Daerah
Ekonomi masyarakat di berbagai daerah sulit untuk berkembang kea rah kemajuan, kerana masyarakat tersebut hanya sebagai buruh atau tenaga kerja kasar dengan menerima upah yang sangat rendah. Sehingga dengan upah yang rendah itu sulit bagi mereka untuk mendapatkan kehidupan yang layak, apalagi meningkatkan kehidupan ekonominya.
Pengaruh Perkembangan Ekonomi
Perdagangan
Masyarakat pada masa itu tidak memiliki kesempatan untuk memperdagangkan hasil buminya, karena hasil bumi mereka terpaksa harus dijual kepada para pedagang-pedagang asing yang mendapat perlindungan pemerintah.
Pertanian dan Perikanan
Pada masa kolonial banyak masyarakat Indonesia bergerak dalam bidang pertanian dan perikanan. Namun, hasil pertanian dan perikanannya sering tidak dapat mereka nikmati karena dirampas oleh pemerintah kolonial Belanda.
Industri dan Infrastruktur
Banyak perusahaan asing di Indonesia yang terjun di bidang Industri ini dengan mendatangkan mesi-mesin produksi dan perlengkapan pengolahan bahan. Pemerintah kolonial Belanda juga membangun infrastruktur seperti irigasi, jalan raya dll demi menunjang kelancaran pengangkutan hasil-hasil perusahaan perkebunan dari daerah pendalaman ke daerah pantai atau pelabuhan-pelabuhan yang akan meneruskan ke dunia luar.
Taraf Hidup Masyarakat Indonesia
Selama bangsa Indonesia berada di bawah kakuasaan bangsa Asing, maka selama itu pula taraf kehidupan bangsa Indonesia di bawah garis kemiskinan dan kehidupan yang penuh dengan penderitaan.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Thank's gan infonya !!!!

www.bisnistiket.co.id

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


Posting Komentar