Apa itu Sejarah???


Pengertian Sejarah
Kata sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu Syajarotun yang berarti pohon. Menurut bahasa Arab, sejarah ibarat pohon yang terus berkembang dari tingkat yang sederhana ke tingkat yang lebih kompleks. Sedangkan dalam bahasa Inggris, kata sejarah (history) berarti masa lampau umat manusia dan dalam bahasa Jerman, kata sejarah (geschicht) yang berarti sesuatu yang telah terjadi.
Dengan demikian sejarah berarti suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari sgala peristiwa atau kejadian yan telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia.  
Ciri-ciri Utama Sejarah 
a.       Peristiwa yang abadi
Peristiwa sejarah tidak akan pernah berubah.
b.      Peristiwa yang unik
Peristiwa sejarah hanya terjadi sekali, tidak akan terulang kembali.
c.       Peristiwa yang penting
Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yan penting dan dapat dijadikan momentum karena menentukan kehidupan orang banyak.

Hakikat dan Ruang Lingkup Sejarah
Hakikat dan ruang lingkup,sejarah meliputi, antara lain:
1.      Sejarah sebagai peristiwa
Peristiwa-peristiwa masa lalu merupakan instrument yang penting dalam pembahasan ilmu sejarah. Dengan ilmu sejarah kita dapat mengetahui peristiwa tersebut walaupun kita tidak menyaksikan langsung. Ilmu sejarah berusaha menyusun peristiwa-peristiwa sejarah pada kehidupan masa lalu agar menjadi suatu pelajaran bagi manusia pada masa kini dan yang akan datang.  
2.      Sejarah sebagai kisah
Peristiwa sejarah merupakan kisah. Karena peristiwa sejarah meninggalkan jejak-jejak sejarah yang berisi rangkaian peristiwa yang penting dalam penulisan kisah sejarah.
3.      Sejarah sebagai ilmu
Menurut York Powell mwnyatakan bahwa sejarah bukanlah sekedar suatu ceritera yang indah, instruktif, dan mengasyikkan tetapi merupakan cabang ilmu pengetahuan. Sedangkan menurut Burry, sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan, tidak kurang dan tidak lebih.
Sejarah mempelajari kehidupan manusia yang tidah hanya sebagai kisah yang besifat sementara saja, melainkan sejarah berusaha mengemas yang ditulisnya sebagai suatu ilmu.
4.      Sejarah sebagai seni
Menurut Dithley, sejarah merupakan pengetahuan tentang rasa. Dalam mempelajari sejarah harus memerlukan pemahaman dan pendalaman akan bahan-bahan yang dihadapinya. Sejarah tidak hanya mempelajari permukaan saja tetapi juga motivasi yang timbul dari perubahan bagi pelaku sejarah. Dan juga di dalam sejarah terdapat sebab-akibat yang rumit sehingga dalam mempelajari sejarah rasa itu penting.    

Sumber :
Badrika, I Wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar