TRANSFORMASI ETNIK DAN IDENTITAS KEBANGSAAN INDONESIA


1.       Transformasi Etnik, Terbentuk dan berkembangnya Identitas Kebangsaan Indonesia
1)      Tranformasi etnik
Perjuangan oleh banyak etnik terhadap belnda dimanfaatkan oleh belanda dengan memecah belah, tetapi setelah masyarakat sadar akan persatuan, dan dimullai pergerakan nasional, maka rakyat indonesia bersatu baik rajyat di daerah maupun keturunan china bersatu melawan belanda.
2)      Gerakan Masyarakat Indonesia keturunan China
Munculnya gerakan nasionalisme di china, maka menyerukan semangat para orang China, dan membantu orang- orang pribumi melawan belanda.
3)      Gerakan Masyarakat Indonesia Keturunan Belanda
Gerakan ini dilakukan oleh keturuna Indo yang orang tuanya kawin dengan orang pribumi, orang keturunan ini biasanya telah mendapt pendidikan yang lebih baik dibanding pribumi, sehingga peranannya pun juga besar dalaam pergerakan nasional.
2.       Pergerakan bersifat kedaerahan
·         Gerakan melawan pemerasan yang dilakukan oleh orang- orang pribumi kepada kolonial yang terjadi di daerah atau di tanah partikelir (swasta).
·         Gerakan Ratu Adil yaitu yang didasari oleh kepercayaan masyarakat akan datngnya juru selamat. Tahun 1903 pemberontakan pertama dilakukan di Sidoarjo dan tahun 1907 terjadi di Kediri
·         Pergerakn bersifat keagamaan antara lain di Banten Utara yang dilakukan oleh Tarekat Naqsabadiyah dan Qodariyah.
3.       Pembentukan Identitas Nasional dan Terbentuknya Nasionalisme Indonesia
a.       Istilah Indonesia
·         J.R Logan mempergunakan istilah Indonesia untuk menyebut Kepulauan nuasantara, dan penduduk nusantara.
·         Earl G Windsor, pada tahun 1850 menyebut INDONESIA pada media milik J.R Logan, dan menyatakkan indonesia sebagai negara  yang besar dan paling berpotensi di Asia Tenggara.
·         Tokoh- tokoh lain yang menyebut Indonesia yaitu Adolf Bastian( 1884), Van Volenhoven, Snouck Hurgronnje, Kern, dan lain- lain.
Pada tanggal 28 oktober 1928 terjadi sumpah pemuda, dan dari sanalah kata Indonesia dipakai untuk pertama kali sebagai identitas nasional, dan nnegara.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar