REVOLUSI AMERIKA


Pada mulanya Benua Amerika didiami oleh bangsa kulit merah yang dikenal sebagai bangsa Indian. Mereka kemudian ditaklukkan bangsa kulit putih dari Eropa sehingga Benua Amerika sekarang menjadi benua kulit putih. Pada tahun 1492, Columbus sampai di Kepulauan Bahama, Cuba, dan Santo Domingo.Semua pulau-pulau itu dimasukkanya ke dalam wilayah kekuasanan Spanyol.Setelah kedatangan Columbus, banyak orang-orang Spanyol dan Portugis yang datang ke Amerika. Akibatnya, Amerika Serikat menjadi jajahan Spanyol dan Brasilia menjadi jajahan Portugis. Sejak abad ke 17 terjadi perebutan kekuasaan antara Prancis, Inggris, dan, Belanda di Amerika Utara.Pada tahun 1647 Inggris berhasil merebut Nieuw Amsterdam yang kemudian diubah namanya menjadi New York.Setelah Perng Tujuh tahun (1756-1763) antra Inggris dan Prancis, Inggris akhirnya berhasil merebut Kanada dan Lousiana. Akibat perang tersebut. Prancis meninggalkan Amerika, sedangkan Inggris berkuasa sebagai penjajah di Amerika. Pada tahun 1774 meletusnya perang antara rakyat Amerika dengan Inggris. Perang ini disebabkan antara lain sebagai berikut :

1. PENDIRI KOLONI AMERIKA ADALAH PELARIAN-PELARIAN AGAMA DARI INGGRIS
Raja Inggris memeksakan rakyatnya untuk menganut agama Kristen anglikan dan melarang menganut agama selain agagma tersebut. Rakyat inggris yang tidak tahan dengan paksaan itu melarikan diri ke amerika.

2. PAHAM KEBEBASAN DALAM PERDAGANGAN
Pemerintah Inggris yang merasa berkuasa atas koloni Amerika memerintahkan agar hasil bumi dari amerika berupa tembakau, kapas , dan gula di jual kepada Inggris.

3. INGGRIS BUTUH DANA BESAR SETALAH PERANG 7 TAHUN DENGAN PERANCIS
Dalam rangka menutup kerugian akibat 7 tahun (1756-1763) di eropa inggris memberlakukan pajak yang berat. Ketentuan tentang pajak tersebut di tuangkan dalam revenue act dan billeting act tahun 1764. undang undang tersebut di tentang keras oleh rakyat amerika yang di pimpin Samuel adams. Mereka bersemboyan “no taxation without representation” yang artinya tidak ada pajak tanpa adanya perwakilan.

4. PERISTIWA THE BOSTON TEA PARTY, DESEMBER 1773
Inggris mendatangkan teh ke amerika untuk itu penduduk harus membayar pajak
 keeantuan-ketentuan tersebut tentu saja pertentangan kebebasan dalam perdagangan. Rakyat amerika yang menyamar sebagai suku Indian Mohawk kemudian melemoarkan teh dari 3 buah kapal inggris di pelabuhan boston. Inggris marah dan mengeluarkan undang-undang baru yang di anggap sebagai “undang-undang paksa” (coercive act) oleh penduuk amerika. Kejadian itulah yang menjadi pemicu pecahnya perang kemerdekaan Indonesia pada tahun 1774 Penduduk amerika pada mulanya hanya merupakan penentang kebijakan pemerintah inggris yang dianggap semena-mena. Pertempuran pertama terjadi di Lexington kemudian di boston. Inggris memint ke pada penduduk kanada yang juga colonial ingggris untuk  melawan penduduk colonial amerik. Namun, permintaan itu di tolak karena perasaan senasib sebagai penduduk koloni bahkan paksaan inggris terhadap penduduk kanada malah menimbulkan pertmpuran. Keadaan ini di manfaatkan oleh bangsa amerika. Untuk menyiapkan tentara yang di pimpin oleh George Washington yang pernah berjasa kepada inggris dalam perang 7 tahun. Pada tahun 1776, Thomas paine mengutarakan pendapat dalam sebuah karangan yang berjudul Comon Sense (akal sehat.) tulisan tersebut berisi gagasan kemerdekaan pendapat paine itu menyadarkan koloni amerika untuk mengubah tujuan perjuaangan mereka Selanjutnya diadakan kongres di Philadelphia yang dihadiri oleh wakil-wakil 13 daerah (Negara bagian). Mereka sepakat untuk menandatangani sebuah deklarasi yang dikenal dengan declaration of independence. Yang disusun oleh Thomas Jefferson. Tanggal ditandatanganinya deklarasi tersebut yaitu 4 Juli 1776 dijadikan hari kemerdekaan amerika (independensi day). Kongres pun kemudian menyepakati adanya articles of confederation sehingga terbentuklah united states of America (USA). Di samping perjuangan fisik dapat dilakukan taktik deplomasi dengan mengirimkan Benyamin Franklin ke eropa. Perancis kemudian mengirimkan pasukan ynga dipimpin oleh Cornwallis, menyerahkan kepada George Washington dan Laffayette dikota York town pada tahun 1783.
Dalam perjanjian paris tahun 1783 inggris akhirnya mengakui kemerdekaan amerika. Declaration of independensi 4 juli 1776. sebagai pernyataan kemerdekaan amerika yang mengandung nilai-nilai penghargaan terhadap hak asasi manusia yang dimasukan kedalam UUD menjadi Bill of right.

DAMPAK REVOLUSI AMERIKA BAGI INDONESIA
Penjajahan selama ratusan tahun talah membuat hak asasi bangsa Indonesia terinjakinjak. Munculnya golongan terpelajar dan semakin luasnya hubungan antarbangsa, khususnya setelah dibukanya Teruzan Suez, telah membuka kesadaran akan perlunya hak asasi manusia. Kaum terpelajar berkesimpulan bahwa untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia tidak mungkin diperoleh dari tangan penjajah, melainkan harus diperjuangkan dengan kekuatan sendiri. Anggapan ini diyakini betul oleh organisasi-organisasi pergerakan nasional seperti Boedi Utomo, Serikat Islam, Indische Partij, Perhimpunan Indonesia, dan PNI.Tujuan itu akan dicapai dengan asas “percaya pada diri sendiri”.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar