PERTUMBUHAN, MOBILITAS DAN PERSEBARAN PENDUDUK DI BERBAGAI DAERAH


1.       Mobilitas Sosial
Mobilitas pernah dilakukan oleh rakyat indonesia pada saat kolonialisme. Hal itu terjadi ketika dibukanya perkebunan- perkebunan besar di wilayah indonesia. Perkembagan perkebunan di indonesia membawa keuntungan pada belanda, tetapi di pihak lain, kesejahhteraan rakyat pribumi mengalami kemunduran semnetara itu pertumbuhan penduduk melampaui jumlah pertambahan makanan. Bahkan krisis  yang dialami perkebunan tahun 1885 telah membuat penduduk semakin menderita, karena adanya pemungutan uang sewa tanah, upah kerja dipabrik dan perkebunan menurun drastis.
Sementara di perkebunan swata di jawa mengalami masalah kekurangan tenaga kerja, sehingga belanda melakukan mobilitas sosial pada rakyat jawa. Dengan adanya mobilitas sosial ini maka belanda mengalami keuntungan, karena ekonomi meningkat daari pajak perkebunan swasta, dan masyarakat pun mulai mendapat sedikit peningkatan taraf hidup, dan dapat saling mengenal antaar daerah.
2.       Perubahan Demografi dan Mobilitas Sosial
Pelaksanaan sistem tanam paksa pada masa pemerintahan kolonial belanda menyebabkan terjadinya perubahan demografi dan proses mobilitas sosial diseluruh wilayah indonesia. Tanah- tanah yang semula merupakan tanah pertanian rakayt, selanjutnya menjadi tanah- tanah perkebunan milik pemerintah yang ditanami tanaman yang laku di pasar Eropa. Juga tanah- tanah perkebunan pemerintah kolonial belanda digarap oleh masyarakat pribumi secara paksa. Peralihan kepemilikan tanah dari milik pribumi menjadi milik belanda dan pengusaha asing berdampak luas kepada penduduk pribumi yang sesungguhnya merupakan pemilik sah tanah tersebut.
Pembukaan wilayah indonesia menjadi tempat penanaman modal swasta asing semakin menjadikan banyaknya perkebunan- perkebunan besar swasta. Keadaan ini mempengaruhi kondisi demografis dari wilayah indonesia. Para pengusaha perkebunan tersebut mengusahakan untuk menanam tanaman yang dapat menuntungkannya. Bahkan perkebunan- perkebunan itu dijadikan sebagai tempat tujuan untuk bekerja menambah upah. Akibat perkembangan yang pesat pada perkebunan- perkebunan tersebut dan tejadi mobilitas sosial. Pada pusat- pusat perkebunan itu muncul kota- kota yang berfungsi sebagai tempat perkembangan perekonomian penduduk.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar