PERKEMBANGAN INDUSTRI DI NEGARA EROPA


1.       Masyarakat Eropa Masa Pra- Revolusi Industri
Tata kehidupan feodalisme mulai muncul di eropa sejak terhentinya lalu lintas perdagangan antara eropa dengan dunia timur, karena jalur perdagangan di laut tengah dikuasai oleh pedagang- pedagang islam. Keadaan seperti ini menyebabkan terjadinya perubahan di masyarakat eropa, baik dibidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya.
Namun akibat meletusnya perang salib (1096- 1291) kontak antara aeropa dengan dunia timur mulai kembali. Keadaan ini ramai dengan munculnya kota dagang sperti Genoa, florence, Venesia dan lain- lainnya. Perkembangan kota – kota ini dibarengi dengan munculnya usaha- usaha industri. Skitar tahun 1200 home industri semakin berkembang, dan masyarakat membentuk kelompok kerja yang disebut Gilda.
Sementara di abad pertengahan inggris merupakan negara agraris. Tetapi sejak abad ke- 14 inggris dibawah perlindungan Raja Edward III, mulai membangun industri lake( sejenis kain wol). Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta di temukannya mesin ua oleh James Watt,  maka muncul revolusi industri di Inggris.
2.       Revolusi Industri di Inggris
Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi di Inggris sangat maju karena didukung oleh faktor keamanan dan politik Inggris. Penelitian- penelitian ilmiah yang dibantu oleh modal yang besar banyak dilakukan, sehingga pabrik- pabrik besar juga dapat dibangun. Selain itu banyak penemu- penemu yang muncul dari Inggris.
3.       Revolusi Sosial di Inggris
Dengan adanya industrialisasi besar- besaran di Inggris menyebabkan masyarakat Inggris pada saat dalam kondisi menyedihkan, seperti:
§  Kota- kota industri (manchester, liverpool) penuh sesak oleh kaum buruh, bahkan harga makanan maha da adanya corn law, perumahan tidak memadai dan mencukupi, sehingga mereka hidup ditempat kotor dan tidak sehat.
§  Nasi buruh tidak pernah diperdulikan oleh majikannya sehingga mereka hidup dalam kesengsaraan.
§  Upah untuk buruh murah, termasuk para wanita dan anak- anak yang dijadikan budak.
§  Jam kerja para buruh tidak sesuai dengan standarnya, beserta upahnya.
4.       Industrialisasi dan Imperialisme
Kemajuan tekhnologi industri ini menimbulkan babak baru dalam imperialisme. Imperialisme yang baru dibabak industrialisasi yaitu mencari luang lingkup bagi industrinya, terutama untuk pengambilan bahan baku atau bahan mentah maupun untuk penjualan barang- barang hasil produksi industrinya.
Perkembangan politik imperialisme inggris mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Ratu Victoria( 1837- 1901). Atas jasa dari Disraeli, Inggris pada tahunn 1875 berhasil mengusai terusan suez dan tahun 1876 Ratu Victoria dinobatkan menjadi Maharani India.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar