GAGASAN PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA


1.       Pemufakatan Perhimpunan politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI)
a.       Latar belakang terbentuknya PPKI
Ir. Soekarno memandang perlunya perhimpunan seluruh kekuasaan nasionalis dibawah satu kesatuan dan membentuk federasi partai- partai politik yang sekaligus merupakan font sawo matang yang mampu menghadapi belanda. Rapat yang diselenggarakan di Bandung tanggal 17- 18 desember 1927 mencapai kesepakatan antara wakil PSI, BU, PNI, Sumateranen bond, dan lain- lain untuk mendirikan federasi yang bernama PPPKI.
B. Perkembangan PPKI
                PPKI mmengadakan kongres- kongres yang bertjuan untuk menyusun struktur organisasi, dan mengadakan pembicaraan untuk mengahadapi belanda dan menyiapkan indonesia sebagai bangsa yang bersatu, serta pembangunan pendidikan, ekonomi dan lain- lain. Kongres yang pertama yaitu 2 seeptember 1928. Selanjutny PPKI menjadi kekuatan politik yang melakukan intervensi terhadap partai noon kooperatif pada bulan agustus 1933.
C. Perpecahan dalam PPKI
                Ini diakibatkan oleh banyaknya provokator untuk memecah belah, dan mengambil istilah kebangsaan sebagai alasannya, sehingga mulai timbul sentimental kedaerahan dan PPPKI pun mengalami keruntuhan.
Kongres Pemuda I
                Kongres pemuda I diadakan tanggal 30 april- 2 mei 1926 di jakarta yang dipimpin oleh Moh. Tabrani dari jong java. Tujuan kongres ini yaitu membentuk badan sentral, memajukan paham persatuan kebangsaan, dan mempererat hubungan diantara semua perkumpulan pemuda kebangsaan.
Kongres Pemuda II
                Dalam kongres ni yang berperan aktif yaitu Pemuda Indonesia dan PPPI( perhimpunan Pelajar- Pelajar Indonesia). Hal terpenting dalam kongres pemuda II ini yaitu disetujui resolusi yang dirancang oleh Muhammad Yamin yaitu sumpah pemuda yang berisi satu bangsa, satu nusa dan satu bahasa Indonesia

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih mas,
artikelnya sangat membantu...

Posting Komentar