Bandung Lautan Api

Pasukan Inggris mendarat di Bandung sejak pertengahan bulan Oktober 1945. Situasi semakin menegang emasuki bulan Noveber 1945, pasalnya pasukan NICA semakin merajalela dengan aksi terornya. Mereka menginginkan kembali berkuasa. Tetapi semnagt juang rakyat tidaklah padam. Pertempuran kecil dan besar mewarnai kota Bnadung. Untuk meredamkan, akhirnya pada tanggal 25 November 1945, diadakan perundingan antara pihak Sekutu dengan pihak RI. Hasi dari perundingan tersebut, wilayah Bandung terbagi menjadi dua, Bandung Utara diduduki Sekutu sedangkan Bandung Selatan diduduki oleh Indonesia.
Pihak Sekutu menginginkan agar rakyat mengosongkan Bandung Utara sejauh 11 Km. tuntutan tersebut membuat marah rakyat, kemudian dengan mereka menghimpun kekuatan untuk membumihanguskan Bandung Selatan. Bandung terbakar hbat darai batas tiur Cisadas sampai batas barat Andir. Sebanyak satu juta jiwa telah mengungsi ke luar kota pada tanggal 23 dan 24 Maret 1946.
Sementara itu, benteng NICA di Dayeuh Kolot, Bandung Selatan dikepung oleh para pejuang. Seorang pemuda bernama Muhammad Toha melakukan aksi bom bunuh diri untuk menghancurkan Gudang Misiu milik NICA.    
Sumber: 
Badrika, wayan I. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Penerbit Erlangga




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar