Jejak-Jejak Sejarah Indonesia


Sejarah merupakan peristiwa yang pasti meniggalkan jejak-jejak sebagai peninggalan untuk diwariskan kepada generasi selanjutnya.
Folklore
Folklore adalah adat istiadat tradisional dan ceritera rakyat yang diwariskan secara turun temurun tetapi tidak dibukukan. Ada dua jenis Folklore, yakni lisan dan non lisan. Folklore dalam bentuk lisan, seperti bahasa, teka-teki, puisi rakyat, dan sebagainya. Sedangkan folklore non lisan, seperti arsitekture rakyat, kerajinan tangan rakyat, pakaian dan perhiasan tradisional, dan obat-obatan tradisional.
Mitologi
Mitologi adalah ilmu tentang kesusastraan yang mengandung konsep tentang dongeng suci, kehidupan para dewa, dan akhlus halus dalam kebudayaan yang sangat berkaitan rat dengan sistem kepercayaan masyarakat setempat.
Legenda
Legenda adalah sebuah ceritera rakyat pada masa lampau yang masih ada hubungannya dengan peristiwa-peristiwa sejarah atau dongeng-dongeng. Misalnya legenda Sangkuriang.
Upacara
Upacara adalah rangkaian tindakan yang terikat pada aturan-aturan tertentu berdasarkan adat istiadat, agama ataupun kepercayaan. seperti upacara penguburan, perkawinan, pengukuhan kepala suku dan upacara sebelum berperang.
Lagu-lagu Daerah
Lagu daerah merupakan lagu yang memakai bahasa darah masing-masing.

 Sumber :
Badrika, I Wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Makasih gan infonya udah share ...............




bisnistiket.co.id

Posting Komentar